-->

AK Studio

Tutorial Programming Bahasa Indonesia

Tutorial PHP OOP part 1: Pengenalan dasar Object Oriented Programming (OOP) Pada PHP

Teknik pemrograman berorientasi Objek atau Object Oriented Programming (OOP) Pada PHP

Pada Tutorial kali ini kita akan membahas Teknik pemrograman berorientasi Object pada Bahasa pemrograman PHP.

Pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu ap aitu yang dimkasud dengan OOP.
 

Apa itu OOP…?

Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman berdasarkan konsep "objek", yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut; serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.

Sumber Wikipedia.: https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek.

Seperti yang dikutip dari sumber Wikipedia di atas. Dapat kita simpulkan  Teknik pemrograman berorientasi object atau OOP ini merupakan sebuah procedural berupa class yang berisi (fungsi,methodes, variabel) yang dapat kita gunakan berulang tanpa perlu menulis ulang koding atau fungsi yang terdapat dalam procedure tersebut. Kita hanya perlu meng-inisialisaikan prosedut tersebut pada object yang akan kita pakai.

Contoh mudah nya dapat kita ambil dalam kehidupan nyata. Kita memiliki gelas kosong yang kita anggap sebagai class nya, dan gelas ini dapat kita isi dengan apapun , yang berarati di dalam class gelas ini memiliki sebuah variable public atau global yang nilai atau values nya dapat kita tentukan isi nya, dan disalam class gelas ini kita akan membuat sebuh fungsi untuk menentukan isi dari gelas ini atau pun mengembalikan nilai awal dari isi gelas ini.

Komponent Utama dalam tekenik pemrograman berorientasi Object (OOP)
  • Class 
  • Object 
  • Property 
  • Methods 
  • Enkpasulasi
  • Inherintence 

1.Class

Dalam Teknik pemrograman berbasis objek atau OOP, class dapat kita gambarkan sebagai wadah atau tempat yang berisi sebuah object, property dan methods.


<?php
class Nama_class
{


}

2. Object

Dalam Teknik pemrograman berbasis objek atau OOP, object adalah Sebuah variable yang akan mewakili nilai dari class yang telah di-inisialisasi, maka object ini akan menampung nilai dari class yang akan digunakan.


$objManuasi = new Manusia;
$objManuasi->Nama = "Arif";
$objManuasi->Usia = "24 Tahun";
$objManuasi->Hobi = "Bermain Alat Musik";

$profil = $objManuasi->setProfil();

echo $profil;

3.property

Property adalah sebuah atribut atau variable yang terdapat di dalam sebuah class, property ini juga bisa diisi dengan beberapa type data sesuai dengan keperluan dalam penggunaannya di class tersebut.di dalam property memiliki jenis atau type property diantaranya: public, private, protected dan static.

Public property : sebuah variable yang dapat di akses dari object di luar class.
Private property : sebuah variable yang hanya boleh di akses oleh class yang mendeklarasikan nya   dan tidak bisa di panggil oleh object di luar class atau pun turunan dari class.
Protected Property : sebuha variable yang hanya bisa di akses oleh class yang mendeklarasikan nya(class Utama) dan juga bisa di akses oleh class-class yang menjadi turunan dari class utama.
Static property : sebuah variable yang dapdat di akses tanpa harus meng-instansiasi class utama nya.

4.methods

Methods adalah sebuah fungsi yang terdapat di dalam class yang nantinya fungi ini akan menghasilkan nilai akhir melalui perintah retrun . Ataupun mengubah variable dan mengambalikan nilai awal dari sebuh atribut yang terdapat di dalam class. Sama halnya dengan property methods juga memiliki type 
Public, Private, Protected dan Static methods.


<?php

class Manusia
{

    //properti
    public $Nama;
    public $Usia;
    public $Hobi;

    //meethods
    public function setProfil()
    {
        echo "Nama Saya " . $this->Nama . "<br>";
        echo "Usia Saya " . $this->Usia . "<br>";
        echo "Hobi Saya adalah = " . $this->Hobi;
    }
}

5.Enkapsulasi

Enkapsulasi atau encapsulation adalah sebuah methodes untuk membatasi hak akses dari sebuah fungsi dan property yang terdapat di dalam sebuah class. Seperty type yang di miliki oleh methods dan property yang sudah di jelaskan pada pembahasan property dan methods di atas.

6. Inheritence

Inheritance atau (warisan) adalah pewarisan semua atribut seperti property, methods  yang terdapat dalam class utama akan di wariskan pada class turunan dari class utama . Jadi semua atribut dan fungsi yang terdapat dalam class utama dapat di gunakan pada semua class turunan yang meng extends class utama.


<?php
require_once './Manusia.php';

class Profil extends Manusia
{

    // logic disini
}


Kelebihan dari Teknik pemrograman berorientasi Objek OOP
  • Mempersingkat waktu 
  • Memudahkan maintenance syntax jika aplikasi sudah bersekala besar
  • Penulisan syntax jadi lebih rapi dan terstruktur
  • Dapat digunakan berulang

sampai disini kita telah memhami konsep awal tentang teknik pemrograman berorientasi object atau OOP. untuk matri selanjutnya akan kita bahas mengani teknik pemrograman berorientasi object atau OOP lebih jauh lagi pada part #2


Jika ada masukan dan saran mengenai postingan ini bisa berikan di kolom Komentar..
Sekian Dan Terima kasih...

#Happy Coding

Incoming search terms:

  • Tutorial OOP PHP
  • Pengertian OOP
  • Apa Itu OOP pada PHP
  • PHP OOP
  • tutorial PHP OOP 
  • teknik pemrograman berorientasi objek
  • OOP PHP

Tags: pengertian OOP, pengertian class, pengertian Methods, pengertion fungsi, apa itu OOP, struktur dasar OOP, gambaran singkat OOP, komoponent utama OOP, OPP di PHP, PHP OOP, tutorial OOP

0 Response to "Tutorial PHP OOP part 1: Pengenalan dasar Object Oriented Programming (OOP) Pada PHP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel